MANFAAT DAUN PEPAYA

Tahukah Anda bahwa daun pepaya mempunyai segudang manfaat bagi tubuh? Yuk kita baca beberapa manfaatnya.
1.    Obat Jerawat
Tahukah Anda bahwa daun pepaya dapat mengatasi jerawat yang membandel? Caranya ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1½ sendok air. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Ya, seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat dan bilas sampai bersih.
2.    Penambah Nafsu Makan
Bagi Anda yang nafsu makannya sedang berkurang bisa mencoba cara ini. Caranya siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan ½ cangkir air hangat. Semua bahan tersebut dicampur, diblender, dan disaring untuk diambil airnya, kemudian diminum. Ramuan ini aman loh, bahkan untuk anak-anak sekalipun.
3.    Anti-kanker
Beberapa penelitian menjelaskan bahwa batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai anti-kanker (dikutip dari Journal Society of Biology). Getah ini secara otomatis didapatkan ketika kita mengkonsumsi daun pepaya yang dimasak dengan cara apapun.
4.    Memperlancar Pencernaan
Daun pepaya mengandung senyawa karpain yang ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan sehingga efektif menekan penyebab typus.
5.    Pengontrol Tekanan Darah
Caranya ambil 5 lembar daun pepaya. Kemudian rebus dengan ½ liter air hingga tersisa ¾-nya. Dinginkan, kemudian minum. Jika Anda ingin manis, bisa menambahkan gula merah atau madu secukupnya.
6.    Obat Demam Berdarah
Bukan hanya jambu biji yang bisa dijadikan obat demam berdarah, tetapi juga bisa menggunakan daun pepaya. Caranya campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga matang. Dinginkan, kemudian minum.
7. Obat Nyeri Haid
Bagi Anda, wanita yang sering mengalami nyeri haid bisa mencoba cara ini. Caranya ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa, dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga matang. Dinginkan, kemudian minum.
            Itulah beberapa manfaat dari daun pepaya. Semoga bermanfaat ^.^

0 komentar:

Posting Komentar