CEGAH KANKER DENGAN CABAI


Tahukah Anda bahwa cabai yang biasa kita konsumsi dapat mencegah kanker? Apa sih penyebabnya? Ya, kandungan capsaicin. Selain menimbulkan rasa pedas ternyata capsaicin juga dapat membunuh sel kanker loh.
Studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan capsaicin pada cabai menjadi terobosan baru dalam pengembangan obat kanker kulit. Meskipun peranannya masih kontroversial, namun penelitian di India mengungkapkan bahwa capsaicin mampu menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa capsaicin dapat bertindak sebagai zat anti-karsinogen.
Studi di Inggris mengungkapkan bahwa kandungan capsaicin pada cabai dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Itulah yang menyebabkan mengapa kasus kanker di Meksiko dan India yang masyarakatnya suka mengkonsumsi makanan pedas lebih sedikit dibandingkan negara-negara Barat yang masyarakatnya cenderung tidak suka makanan pedas.
Selain dapat mencegah kanker, ternyata cabai juga mempunyai beberapa manfaat lain. Hal ini telah dibuktikan oleh dua penelitian yang dilakukan tim dari Australia. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa menambahkan cabai dalam setiap masakan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, makanan pedas juga dapat menstabilkan kadar insulin dalam darah. Ditambah lagi jika dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebihan, maka makanan pedas dapat bermanfaat bagi kesehatan lambung karena capsaicin bisa mengurangi asam lambung dan berfungsi sebagai antiinflamasi.
Jadi, mulailah menyisipkan makanan pedas dalam menu harian Anda secara berkala. Tetapi yang harus diingat, jangan mengkonsumsi cabai secara berlebihan ya ^.^

0 komentar:

Posting Komentar