REVISI: MAKANAN RENDAH KALORI SESUAI EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA

Makanan rendah kalori adalah makanan gizi seimbang yang biasa dikenal dengan sebutan makanan empat sehat lima sempurna, yaitu meliputi makanan pokok (karbohidrat), lauk-pauk (protein), sayur-mayur (serat dan mineral), buah-buahan (vitamin), dan susu (lemak).
1.    Makanan Pokok (Karbohidrat)
Salah satu makanan pokok yang mengandung sedikit (rendah) kalori adalah kentang. Kandungan kalori pada kentang yaitu 83 kalori/100 gram.
2.    Lauk-pauk (Protein)
Putih telur rebus dan tahu merupakan lauk-pauk yang mengandung sedikit (rendah) kalori. Kandungan kalori pada putih telur rebus yaitu 16 kalori, sedangkan tahu yaitu 68 kalori/100 gram.
3.    Sayur-mayur (Serat dan Mineral)
Brokoli, kangkung, dan bayam merupakan sayur-sayuran yang mengandung sedikit (rendah) kalori. Kandungan kalori pada brokoli yaitu 24 kalori/ 100 gram, pada kangkung yaitu 29 kalori/100 gram, sedangkan pada bayam yaitu 36 kalori/100 gram.
4.    Buah-buahan (Vitamin)
Salah satu buah-buahan yang mengandung sedikit (rendah) kalori adalah tomat (masak atau matang). Kandungan kalori pada tomat (masak atau matang) yaitu 20 kalori/100 gram.
5.    Susu (Lemak)
Salah satu jenis susu yang mengandung sedikit (rendah) kalori adalah susu skim atau susu yang tidak berlemak. Kandungan kalori pada susu skim yaitu 36 kalori/100 gram.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice post :)
like and lets follow back my blog on..
http://ervanprasetyo13.blogspot.com/
thanks ..

Posting Komentar